Sunday, April 21, 2019

Sunshine #10 Records!


Halo! Akhirnya bener bener bisa kembali ke si Pink ini meski belum di utak atik lagi. Dan sekarang, aku mau ceritain tentang pengalaman aku ngajar di SD di Semarang. Sebenernya bulan Januari-Februari kemarin, aku kembali mengikuti AIESEC dan memilih Sunshine untuk project yang akan diambil. Which is about Education.


Sekolah yang kami ajar itu ada 3 beserta dua komunitas, yaitu
  • SD NEGERI PURWOSARI 1
  • SD NEGERI BUGANGAN 03
  • SD NEGERI MLATIHARJO 02
  • (Komunitas) SATU ATAP
  • (Komunitas) SAHABAT TENGGANG

Paling banyak waktu kami itu mengajar di Purwosari dan Bugangan karena memang hanya mendapat jatah dua sekolah itu sedangkan untuk Mlatiharjo kita (i mean my group) hanya mendapat giliran 1 hari saja.

Jadi nanti di tiap sekolah akan ada supervisi dari project Sunshine sendiri yang bertugas berjaga jaga, namun urusan kelas ataupun projector adalah urusan tim kami. Di pertama kali kita datang ke sekolah, kami akan berkenalan dengan Kepala Sekolah beserta para guru, lalu berbincang bincang sebentar dan bersiap ke kelas.

Pada minggu pertama, kami hanya berkenalan, memperkenalkan budaya korea dan seluk beluk negara Korea (karena bule yang ada di tim ku memang berasal dari Korea). Setelah memasuki minggu kedua, kita mulai mengganti ppt menjadi percakapan atu berlatih bahasa inggris dengan tema "My Dream".





Lalu minggu ketiga, kita berganti sekolah, yang awalnya Purwosari menjadi ke Bugangan, disitu kami tidak ber-adaptasi semudah di Purwosari, dikarenakan oleh sekolahnya yang cukup besar, lalu menampung banyak sekali siswa, walaupun sudah dibagi menjadi 4 kelas per-angkatan, tetap saja ruangan kelas tidak cukup besar untuk menampung kurang lebih 28 anak di tiap kelas. Ditambah mereka yang tidak bisa diem, membuat terkadang kita menyudahi kelas dengan berkeringat.

Tbh kita mengajar di kelas selama 90 menit, sehari dua kelas, berbeda beda tiap harinya. 

*sebenernya enak juga ikut project ini, cuci mata sama anak anak kecil yang ganteng ganteng hEhE

Pada awalnya, aku ga begitu menikmati kegiatan mengajar kami di Bugangan, namun pada saat hari terakhir (ya, besoknya kami akan melakukan perpisahan) aku menemukan anak yang good-looking hehehhehheheheh, kelas 4, kebetulan tak sengaja melihatnya saat menunggu anak anak agama nasrani kembali ke kelas dari pelajaran Agama. namun apalah daya, ini pula hari terakhir aku mengajar, yang ternyata besoknya saat perpisahan aku tidak bisa menemuinya dikarenakan ia pulang lebih awal.

Hmmmmmm

Ya begitulah, gaada yang begitu spesial kecuali ini adalah pengalaman yang berharga, sangat berharga:>


Oh ya! 

Biasanya kami akan memulai kelas pukul 8.30 pagi dan selesai pukul 11.00, jika di bugangan, terkadang kita mulai di 10.30 dan berakhir di 12.30. Lalu apabila hari itu adalah hari Rabu ataupun Kamis, kami (beserta para EP atau Exchange Participation [bule]) akan pergi mengunjungi Pusat Informasi Publik yang terletak disamping gedung Balaikota Semarang. 

Kami makan siang disana, lalu ngadem di P.I.P sembari menunggu pukul 03.00 dan caw langsung ke tempat komunitas, biasanya pula jika kami bosan di P.I.P kami akan pergi ke Paragon yang mana adalah Mall paling dekat sembari membeli parfum ataus sekadar numpang toilet, tak jarang juga kami menonton Bioskop di Dp Mall yang juga tak kalah dekatnya dengan Balaikota, tak lupa membeli Churros pada akhirnya.





Lalu saat sampai di Komunitas, kami akan mengajar sesuai giliran, semisal hari ini giliran EP China, besok EP Bangladesh maka urutan tim kami adalah Rabu minggu depan dilanjut besoknya EP China lagi.

Karena kebetulan memang visi Sunshine adalah mengurangi Gap antara kaum kebawah dan kaum keaatas maka komunitas yang kami datangi adalah Low-Social Community. Di tempat yang kumuh, tak jarang sampah sampah berada di sekeliling taman, menyadarkan kami bahwa meng-kampanye kan kebersihan harus turut kepada kaum kebawah pula. (bukan stereotip!)


Picture History:









4 Commentator(s):

  1. Syaaaaa😍 n you're the sunshine dek^^ kk jg pernah ikut komunitas pend. anak, seruu:)

    ReplyDelete
  2. That looks so much fun and that churros looks so good right now.
    Thanks for dropping by my blog by the way.

    ReplyDelete
  3. aaaa.... Tasya keyen sekali euy :"D (h)

    ReplyDelete

Hey let's make a discuss below! I'm sure you know how to respect people's page, no harsh and mature content. thank you babies!

 

the goddamn blessings Template by Ipietoon Cute Blog Design