Tuesday, May 29, 2018

Berbahasa [ History of Mine ]


Hai cemuanyah cecan satu ini kembali ^v^ Jadi beberapa hari atau lebih tepatnya akhir akhir ini keluargaku kedatangan tamu dari sesama Komunitas Homeschooling. dan some of they asked me "Kegiatannya di rumah ngapain?" dan sure agak gelagapan karena jujur aku sering tidur #TidurForLyfeu dan jujur aku gamau mereka Hopeless "WHAT?!" kan ga lucu wkwk. Dan aku sendiri menantang diri yang pelupa ini untuk belajar bahasa. biar lebih WOW gitu hahaha



Kenapa suka belajar bahasa?

Ini berawal dari dulu pernah nulis something secret di Buku Diary dan dibaca keluarga aku. terus mereka kaya bully aku gitu haha dan semenjak itu aku jarang nulis curhat di buku memakai bahasa indonesia. Dan saat kelas 2 idk what happen but pas itu Ustadzah or u can call a woman teacher itu teach me Korean Language and saat itu aku asal aja ikut Kelas Tambahannya and di kelas 5 ketika aku mulai jadi Kpopers aku kembali teriak teriak ke mamaku nanya dimana buku catatan kelas 2. walaupun banyak yang hilang dan udah jelek, akhirnya dengan bantuan buku catatan dan google aku bisa kembali mengingat dan menulis bahasa Korea.



Belajar bahasa apa aja?

Sampe sekarang aku masih tekun di Bahasa Korea, Jepang, Inggris dan Arab. Sempet mau belajar bahasa Jerman karena dapet curcol dari temen yang sekolah di SMA ambil lintas minat Bahasa Jerman. Lihat dia ngoceh gitu rasanya pengen juga. aku pengen coba tapi nanti dulu, sekarang mau nuntasin Bahasa korea wkwk



Belajar darimana?

Ya disinilah mengapa aku Homeschooling. Bisa dilihat dulu dari seberapa Excited nya aku ke bahasa itu, maka pencapaianku untuk bisa jago berbeda beda. Misal Korea, sekarang aku memang sedang di pre puncaknya jadi aku minta ayah aku buat carikan aku some Course for me dan alhamdulillah sudah setahun ini aku kursus bahasa Korea di Lembaga Bahasa Asia Pasific.




  • Bahasa Korea
Kalo kalian mau pelatihan yang lebih intens and go to the mind kalian bisa ambil Kursus nya aja. Biaya nya juga standard tergantung lembaga masing masing namun Estimasi 1-2 juta per 18 pertemuan. 

Tapi kalo sekedar suka dan pengen belajar kalian bisa banyakin nonton Drama Korea atau nonton Variety Show seperti Hello Conselour, Guided Adventure, Best Chef on My Fridge dan banyak lagi.

Dan kalian kalo mau pembahasan Online kalian juga bisa cari di Google beberapa website yang bisa memberikan kalian pelatihan cara berbahasa Korea. Mulai dari Huruf huruf, cara menulis, cara membaca, cara berbicara juga. 

Tapi jujur aku belum pernah sama sekali ikut kaya gitu hehe, jadi belom bisa rekomendasikan apa yang bagus dan lebih fleksibel untuk dipake.



  • Bahasa Jepang
Awal kali belajar bahasa Jepang itu saat ke Language Club di Salatiga dan saat itu yang datang hanya Satu pasangan suami istri dari Amerika dan satu pasangan suami istri dari Jepang. Itu saat aku kelas 6 sepertinya, dan jujur bahasa inggrisku bener bener jelek. sampe mau ngomong aja gabisa, :")

Dan alhasil aku lebih tertarik ke yang Jepang karena dia saat itu sedang bersama dengan salah seorang Mahasiswi dan aku meminta bantuan ke dia untuk men-translate kan dan aku mulai tertarik ke Jepang. Darisitu, aku mulai menonton Anime seperti Charlotte, itu bener bener Anime pertama yang aku tonton dan aku bener bener nge-Fav banget saat itu.

Namun tetep saja mbak mbak wibu kalah dengan mbak mbak penyuka oppa oppa Korea. Jadi beberapa lama aku vakum dari dunia Otaku dan asyik dengan Kpop sampai saat aku bosen, bosen banget nonton korea korea dan aku sendiri mulai ngikutin Detective conan dari episode 00- sampai sekarang episode 613. Semua full udah aku tonton :"

Berkat itu, aku ngerti beberapa grammar dan pelafalannya walaupun tetep aja gak se-jago tante tante wibu. Pernah saat itu mengambil waktu beberapa hari untuk tekun menghafalkan Hiragana dan Katakana but fail. lupa XD Walaupun masih inget sedikit sedikit namun sekarang masih nge-Blank kalo nulis hehe



  • Bahasa Inggris
Kalo ini sih aku udah ikut Kursus nya sejak kelas 1 SD. Dan beberapa kali bolos sampai akhirnya males buat dateng lagi karena udah bosen. Beberapa kali juga aku sempet ikut Workshop buat anak anak tentang belajar bahasa Inggris tapi akhirnya juga lupa dan gak excited.

Aku kelas 6 juga still gabisa bahasa Inggris. Aku bisa bahasa inggris ini bener bener barusan, kalo kalian ngikutin Blog ini dari jaman brojolnya kalian pasti tahu betapa bobroknya bahasa Inggrisku ini. Namun semenjak tahun ini aku ikut acara kampus AIESEC UNDIP yang bersifat Universal atau Overseas, aku bener bener tahu hasilnya. aku jadi tahu gimana rasanya bisa ngomong inggris dan menulis bahasanya walaupun masi noob :"

Oiya, kalau bahasa Inggris sendiri aku belum pernah ikut kursusnya semenjak kelas 1 namun my dad tell me if i wanted having a Toefl i must going to Courses. Tapi nanti aja, aku pusing sekarang wkwk



  • Bahasa Arab
Jujur aku gak terlalu menekuni bahasa ini karena susah dan aku memang belom bener bener tertarik. Tapi dari Pelajaran yang diberikan sejak SD aku bisa dan masih mengingat beberapa Kosakatanya dan aku juga seringkali menemukannya saat membaca Al- Quran.

Saat aku mendengarkan Nasyid juga mau tidak mau aku melihat subtitle nya dan otomatis bisa, jadi secara Otodidak bila terbiasa berbicara, Menulis dan membaca nanti lama lama bisa kok



Sekian, terimakassyihhh ❤

14 Commentator(s):

  1. wahh! it's interesting! nice sharing. akak pun dalam journey belajar bahasa jepang,inggeris,india dan arab. Di sekolah akak pun ada tau belajar bahasa jerman. btw, good luck!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus sangat la belajar bahasa India pon hahaha, okay thank youuu >>.<<

      For you good luck too |

      Delete
    2. Huhu...my English was so bad.. T.T I actually, I just want to say that I've not learned German yet but in my school, you can learn it..

      Delete
    3. Oh, i know your means maybe haha, no i luv your english so muchh :*

      Delete
  2. Keren *v* Thanks for sharing!

    Izin share juga ya :3

    Kak Ai berbahasa Jepang pas kelas 9, menjelang masuk SMA. Alhamdulillah, diary penuhnya sama doodle atau nggak ya hiragana // :v

    Kalau bahasa Arab belajar 3 tahun saja (di MTs) :"D hehe, alhamdulillah gak sulit karena kosakata bahasa Indonesia pun kebanyakan dari bahasa Arab.

    Nah, kalau bahasa Korea belajarnya pas SMA, di rumah kalau lagi mood. :3 Bisa dari lirik lagu, drama atau e-book.

    Fyi, ada salah satu author di Wattpad : @augustlab (tahu kah?) a.k.a Ji eonni~ Dia lagi buka PO buku buat belajar bahasa Korea. Ji eonni kalau ngajar Korean di Wattpad cukup jago menurut Kak Ai. Ini link nya : https://www.wattpad.com/story/75772312-beautiful-korean-1-open-po [mian kalau Tasya udah tahu :'v] #justshare yo ~~v~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gela seh terniat banget kak Ai mah wkwk

      Makasih makasih nanti aku buka, gutlak juga kak belajarnya ><

      Delete
  3. Iyah sama aku juga suka tidur. Pagi-pagi ngantuk, bobo siang bangun ashar. Malemnya gak bisa tidur sampai jam 1, haeduh T_T
    btw, semangat ya Tasya, belajarnya. Semoga bisa traveling ke Korea, Jepang, Inggris/negara2 di eropa, dan Arab Saudi. Jangan lupa ajak aku ya XP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahkan, algoritma hidup anak Homeschooling rata rata gitu kali ya? wkwkwk
      Makasihhh ululuu doanya, iya siyap nanti aku ajak berangkat bareng bareng yawww <3

      Delete
    2. wui.. asyik aku diajak >.< msksh (kok rasanya sudah kayak pasti bakal berangkat aja deh :'P)

      Delete
  4. Kayaknya minat bahasa kita sama >< Lagi tekun ke Korea, Jepang, Inggris, Arab, sama Jerman tapi aku mah ga ngambil kursus karena ga suka yang pake acara duduk-di-kursi-liat-papan-tulis gitu hehe. Selama ini caranya pake lagu, film, sama kamus (autodidak gitu) >< Bahasa Inggris kamu bagus ih, apa dayaku yang rest in peace.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widi kembar gitu ya, oh ngerti ngerti, jadi lebih suka belajar Otodidak dibanding ambil Kursus. Emang sih menurut aku sendiri kalo misal ada Jadwal Sekolah gitu berat, capek juga dan gabisa konsentrasi kalo aku XD
      Yampun bahasa Inggris kekurangan vocab kalo aku mah :"

      Delete
  5. Aku menekuni bahasa Korea, Arab sama Inggris (amiinnn)

    ReplyDelete
  6. Hai Tasya, semangat belajar bahasanya ya! Semoga sukses UwU hehe. Btw, inggrisnya Tasya bagus deh, ada tips buat grammar ga? Aku susah banget buat ingat-ingat tenses gitu haha.

    Aku bukan anak yang excited sama bahasa sih. But at least aku masih pengen belajar Inggris dan tiba-tiba semenjak bulan puasa pengen belajar Jerman haha.

    Semangat Tasya hehe^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga belepotan kok inggrisnya:> Kadang juga malahan suka bingung lupa lupa. Pokonya jangan takut salah lah, :)) Makasiiiih:3

      Delete

Hey let's make a discuss below! I'm sure you know how to respect people's page, no harsh and mature content. thank you babies!

 

the goddamn blessings Template by Ipietoon Cute Blog Design